Facebook Phising


Udah lama gak coret-coret di blog nih. Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan masalah dengan akun-akun yang saya punya, seperti akun twitter dan facebook. Tiba-tiba saja FB saya memberikan kiriman ke dinding dan pesan ke teman-teman FB seperti ini :


Pastinya saya merasa bingung karena saya merasa tidak pernah mengirim apapun. Nah, kali ini saya akan menjelaskan tentang kejadian seperti ini jika terjadi pada FB kalian.

Setelah saya menelusuri lebih lanjut dan mencari banyak referensi di google, ternyata akun FB saya terkena pishing. Bagi yang belum tahu apa itu pishing, akan saya jelaskan dulu. Pishing adalah sebuah halaman web yang mirip atau bahkan sama dengan halaman FB ataupun Twitter. Ini bertujuan untuk memancing (Fishing) pengguna akun untuk memasukkan e-mail dan passwordnya. Ketika e-mail dan pass dituliskan, maka secara otomatis data tersebut akan masuk dan tersimpan oleh pemilik web pishing. Halaman pishing FB tersebut bisa terbuka karena kita meng-klik link atau aplikasi yang ada di FB, lalu tiba-tiba muncul "kata sandi salah" atau yang lain. Ini adalah contoh halaman yang saya maksud :




Setelah saya ingat-ingat, saya pernah meng-klik sebuah link yang terdapat di dinding teman FB saya, link tersebut ternyata juga sebuah pishing. Untuk mengetahui apakah itu phising atau bukan adalah cara yang mudah, lihat address bar yang ada di atas halaman, bukan facebook.com kan?? Jadi kita harus berhati-hati ketika akan meng-klik sebuah link di FB.

Saya juga akan memberi tahu cara untuk mengembalikan fb kalian seperti semula jika kalian merasa FB kalian memberikan kiriman yang tidak jelas kepada teman FB. Biasanya kiriman tersebut berisi info menarik seperti pesan di atas sehingga kalian akan tertarik untuk membukanya. Setelah kalian klik, sebenarnya ada sebuah aplikasi yang terpasang tanpa seizin pengguna dan aplikasi tersebut sudah diatur untuk mengirim otomatis tanpa sepengetahuan pemilik.

Berikut cara untuk menghapus aplikasi tersebut. Kita harus mencari dahulu aplikasi yang terlihat janggal di FB kita. Masuk ke pengaturan akun/account setting pilih Aplikasi.


Kemudian cari aplikasi yang mempunyai kuasa untuk mengirim dan melakukan sesuatu tanpa seizin anda dengan cara klik sunting di samping kanan aplikasi. Setelah anda menemukannya terserah apa yang akan anda lakukan, hapus atu biarkan aplikasi itu hidup di FB anda.

TERIMA KASIH

0 komentar: